Gadai Adalah

Gadai Adalah. Keduanya ada yang dikelola oleh pemerintah ada juga swasta. Para ulama bersepakat, hukum gadai secara umum diperbolehkan[2].

Gadai Motor Di Pegadaian? Ini Cara Dan Syaratnya Moladin
Gadai Motor Di Pegadaian? Ini Cara Dan Syaratnya Moladin from moladin.com

Menjadi subyek gadai adalah setiap orang sebagaimana dimaksud pasal 1329 kuh perdata; Gadai bersifat accesoir artinya merupakan tambahan dari perjanjian pokok untuk menjaga jangan sampai debitor itu lalai membayar hutangnya kembali. Tapi seiring berjalannya waktu dan.

Artinya Memberikan Jaminan Bagi Pemegang Gadai Bahwa Dikemudian Hari Piutangnya Pasti Dibayar Dari Nilai Barang Jaminan.

Dalam pasal 1150 kuh perdata tidak disebutkan sifat gadai, namun demikian sifat kebendaan ini dapat diketahui dari pasal 1152 ayat (3) kuh perdata yang menyatakan bahwa: Adapula yang menjelaskan rahn adalah terkurung atau terjerat. Gadai adalah untuk benda bergerak.

Gadai Bersifat Accesoir Artinya Merupakan Tambahan Dari Perjanjian Pokok Untuk Menjaga Jangan Sampai Debitor Itu Lalai Membayar Hutangnya Kembali.

Menurut mujahidin (2014), gadai adalah suatu hak yang diperoleh oleh seseorang yang mempunyai piutang atas suatu barang bergerak yang diserahkan oleh seseorang yang mempunyai hutang. Ini didasari beberapa dalil, di antaranya: Bersifat kebendaan, yang bisa memberikan jaminan bagi pemegang gadai bahwa di kemudian hari piutangnya pasti dibayar dari nilai barang jaminan.

Menurut Ketentuan Pasal 1150 Kuhpdt, Gadai Adalah Hak Yang Diperoleh Kreditor Atas Suatu Benda Bergerak Yang Diserahkan Kepadanya Oleh Debitor Atau Orang Lain Atas Namanya, Untuk Menjamin Suatu Utang, Dan Yang Memberikan Kekuasaan Kepada Kreditor Untuk Mendapatkan Pelunasan Dari Benda Tersebut Terlebih Dulu.

Nah, pada kesempatan ini, mari kita bahas bersama pengertian, jenis dan berbagai hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan pegadaian. Suatu hak yang diperoleh oleh seseorang yang mempunyai piutang atas suatu barang bergerak. Menjadi subyek gadai adalah setiap orang sebagaimana dimaksud pasal 1329 kuh perdata;

Tapi, Gadai Adalah Pinjaman Yang Penuh Dengan Risiko.

Para ulama bersepakat, hukum gadai secara umum diperbolehkan[2]. Sedangkan menurut istilah syara’ ialah menaruh barang (dijadikan) sebagai uang, untuk penguat perjanjian hutang, dan barang tersebut akan menutup (hutang). Obyek gadai adalah bergerak baik berwujud maupun tidak berwujud (hak tagihan).

Barang Gadai Tersebut Adalah Milik Orang Yang Manggadaikannya, Atau Yang Dizinkan Bagi Dirinya Untuk Menjadikannya Sebagai Jaminan Gadai.

Artinya obyek gadai adalah benda bergerak baik berwujud maupun tidak berwujud (hak tagihan). Perspektif gadai dalam hukum perdata. Ada dua jenis gadai yakni gadai syariah dan gadai konvensional.