Skip to main content

Tempat Pinjam Uang Online Langsung Cair

Tempat Pinjam Uang Online Langsung Cair

Tempat Pinjam Uang Online Langsung Cair 2019

Tempat Pinjam Uang Online Langsung Cair
Ada banyak masyarakat yang membutuhkan fasilitas pengajuan kredit. Ini tentu berhubungan dengan ketidakstabilan keuangan dalam waktu yang mendesak. Oleh sebab itulah beberapa lembaga memberikan fasilitas kredit tersebut untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Seperti salah satunya bank. Hanya saja, saat mengajukan ke Bank masyarakat tak sedikit yang mengeluh. Ini karena syarat pengajuan bank cukup rumit bahkan pencairan dananya pun tak bisa dipastikan.

Lantas, adakah tempat lain yang bisa diandalkan untuk membantu kebutuhan mendesak? Sekarang sudah mulai bermunculan fintech sebagai tempat pinjaman uang online langsung cair. Tak sedikit juga masyarakat yang sudah menggunakannya, namun tak sedikit juga yang belum mengetahuinya. Lantas, apa itu pinjam uang online, apa kekurangan dan kelebihan serta bagaimana proses pengajuannya?

Pengertian Tempat Pinjam Uang Online Langsung Cair

Pinjam uang online langsung cair merupakan salah satu produk dari beberapa lembaga keuangan yang menyesuaikan dengan perkembangan digital. Munculnya tempat pinjam uang online memberikan kemudahan bagi masyarakat khususnya bagi mereka yang membutuhkan dana mendesak dalam waktu cepat. Seperti penamaannya “pinjam uang online,” artinya masyarakat bisa mengajukan pinjaman secara online tanpa perlu datang langsung ke kantor perusahaan atau lembaga yang menyediakan fasilitas tersebut.

Hanya tinggal membuka website atau aplikasi resmi saja masyarakat sudah bisa mengajukan pinjaman. Mudah dan praktis bukan? Namun Anda juga harus tahu pinjam uang online memiliki kelebihan dan kekurangan.

Kelebihan Tempat Pinjam Uang Online Langsung Cair

  1. Mudah dan Praktis

Mudah dan praktis seperti sudah dijelaskan sebelumnya. Pinjaman bisa diajukan secara online. Anda sebagai calon nasabah hanya perlu menyiapkan syarat dokumen yang dibutuhkan dalam bentuk scan. Setelah itu menguploadnya pada formulir pengajuan online.

  1. Syarat tak menyulitkan

Bila dibandingkan dengan syarat pinjaman bank, pinjam uang online lebih mudah dan tak menyulitkan. Bahkan ada saja yang hanya memberikan syarat KTP langsung cair. Inilah yang membuat masyarakat mulai beralih dari pengajuan kredit bank ke pinjaman uang online. Tak perlu juga ada pemeriksaan riwayat kredit.

  1. Dana cepat cair

Lagi-lagi bila Anda membandingkan dengan bank soal pencairan kreditnya, bank akan lebih lama dibandingkan dengan pinjam uang online. Bisa lebih cepat, bahkan kalau semua syarat sudah terpenuhi kemungkinan cair dalam 1 hari pun bisa. Bagi Anda yang sangat membutuhkan dana mendesak saat itu juga ini benar-benar akan sangat membantu.

  1. Menyediakan pinjaman dalam jumlah kecil

Bila Anda mengajukan kredit pada bank, maka bank tak akan menerima jika jumlah pinjaman yang diajukan di bawah 5 juta rupiah. Berbeda dengan pinjaman online yang membolehkan pengajuan pinjaman dalam jumlah kecil, batas minimalnya bermacam-macam namun ada saja yang membolehkan kredit 1 juta saja. Ini juga memberikan keuntungan bagi Anda yang membutuhkan pinjaman namun dalam jumlah yang tidak terlalu besar.

Kekurangan Tempat Pinjam Uang Online Langsung Cair

Tidak hanya kelebihannya saja, Anda juga harus tahu bahwa pinjaman online juga memiliki kekurangan. Pengetahuan ini berguna untuk Anda agar tidak merasa rugi dikemudian hari.

  1. Bunga yang besar

Nah kalau soal bunga, antara bank dan pinjaman online yang paling besar adalah pinjaman online. Ini karena hitungan bunga yang dilakukan adalah per hari. Sementara bunga hitungannya per bulan. Saat bank menetapkan bunga 6% per bulan dengan ketentuan suku bunga bank BI, berbeda dengan pinjaman uang online. Bunga yang ditetapkan bisa 1% per hari, artinya dalam 1 bulan akan dikenakan 30%, belum lagi besaran bunganya ditetapkan oleh perusahaan. Artinya angsuran kredit dan bunga makin hari makin membengkak.

  1. Tidak semua tempat pinjam online mendapatkan izin OJK

Saat mengajukan pinjaman online, Anda benar-benar harus selektif. Jangan sembarangan, pastikan kalau tempat Anda meminjam uang sudah mendapatkan izin usaha dan pengawasan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jangan sampai Anda malah terjebak dalam lingkaran kredit yang tidak sehat karena perusahaan yang sangat buruk dan tidak mendapatkan pengawasan tepat.

  1. Resiko bila tak bisa membayar kredit

Saat Anda terjebak dalam pinjaman online yang salah maka risiko bila tak bisa membayar kredit sangatlah besar. Anda mungkin saja bisa didatangi langsung oleh utusan dari lembaga. Ini akan membuat kondisi menjadi amat sangat buruk.

  1. Batas usia

Batas usia bisa menjadi kekurangan atau tidak tergantu si peminjam. Untuk pengajuan pinjaman tentu tak semua orang bisa mengajukannya. Ada batasan usia, yaitu 18-50 tahun. Jadi kalau Anda masih di bawah umur jangan harap bisa mengajukan pinjaman ya. Kecuali, kalau Anda adalah pengusaha yang sudah memiliki penghasilan tetap tiap bulannya.

Nah, bila Anda sudah mempertimbangkan faktor kekurangan dan kelebihan dari pinjaman uang online, Anda bisa langsung melakukan pengajuan. Bagaimana caranya?

Proses Pengajuan Kredit pada Pinjam Uang Online Langsung Cair

  1. Memilih lembaga yang akan Anda ajukan kredit

Pertama, tentu Anda harus memilih lembaga mana yang akan Anda ajukan kredit secara online. Ingat, Anda harus selektif ya. Biarpun dalam kondisi yang sangat mendesak, Anda harus memastikan kalau lembaga tersebut tak bermasalah dan bisa membantu masalah keuangan dengan sehat.

  1. Persiapkan syarat yang dibutuhkan

Bila sudah menemukan lembaga atau perusahaan yang tepat selanjutnya pahami apa syarat yang dibutuhkan. Ini tentunya berguna agar Anda bisa mendapatkan dana cair lebih cepat. Anda tak perlu khawatir karena syarat yang dibutuhkan tak terlalu merepotkan. Bila ingin yang termudah, cair saja lembaga yang memberikan pinjaman online hanya dengan syarat KTP dan foto selfi saja. Namun syarat lain juga harus bisa Anda penuhi, yaitu syarat usia.

Rata-rata hanya membolehkan mereka yang berusia di atas 20 tahun sampai 50 tahun saja yang boleh mengajukan kredit. Ada juga yang mengharuskan pengajuan menggunakan slip gaji sebagai bukti kalau si peminjam mampu bayar dan memiliki penghasilan tetap. Karena tentunya lembaga juga tak ingin menanggung risiko terlalu besar.

  1. Melakukan registrasi online

Selanjutnya adalah registrasi online. Ya, Anda hanya perlu melakukan registrasi online untuk mengajukan dana kredit. Tak perlu registrasi offline atau bertatap muka. Asalkan semua proses sudah bisa Anda lalui dengan baik, Anda bisa mendapatkan dana dalam waktu cepat.

Nah, itulah pembahasan mengenai tempat pinjam uang online langsung air. Proses pengajuannya tak sulit bukan? Bila Anda memang membutuhkan dana mendesak, dan tidak terlalu besar, cobalah ajukan pada lembaga yang menyediakan fasilitas pinjaman online. Pemilihan lembaga yang tepat akan bergantung pada Anda. Jangan lupa juga melakukan perhitungan bunga sebelum meminjam ya agar Anda tidak merasa dirugikan nantinya. Bila memang bunga sudah sesuai dan syarat sudah bisa Anda penuhi, bukan tidak mungkin dana kredit bisa langsung cair.

You may also like